Berlabuhnya Golkar dan PAN ke Prabowo Tak Kejutkan Demokrat

Jakarta: Partai Demokrat mengeklaim sudah memprediksi berlabuhnya Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) ke poros pendukung bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto. Dinamika politik itu tak mengejutkan.

“Jika PAN dan Golkar saat ini telah berketetapan belabuh ke koalisi yang mendukung Pak Prabowo, itu tidak mengejutkan. Sudah terprediksi,” kata Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani melalui keterangan tertulis, Minggu, 13 Agustus 2023.

Kamhar menyinggung soal Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang merupakan poros bersama PPP, Partai Golkar, dan PAN. Poros ini disebut awalnya menjadi kendaraan politik Presiden Joko Widodo (Jokowi), tetapi langkahnya makin tak terlihat.

“Meskipun ada dinamika politik yang kemudian terjadi, mencair dan ada perubahan konfigurasi, namun sejatinya tak bergeser dari alasan awal keberadaannya. Menjadi kendaraan politik bagi figur yang dikehendaki Pak Jokowi,” ucap Kamhar.

Demokrat, kata dia, menghormati langkah Partai Golkar dan PAN tersebut. Sikap parpol dinilai selalu dinamis.

“Kami menghormati kedaulatan dan sikap politik dari setiap partai dalam mengambil dan menentukan arah dan dukungan politiknya terkait Pilpres 2024 mendatang,” ujar Kamhar.

Golkar bersama PAN resmi mendukung Prabowo pada Pilpres 2024 melalui deklarasi bersama. Artinya, poros Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) kini diisi empat partai, yakni Gerindra, PKB, Golkar, dan PAN.

Bergabungnya Golkar dan PAN ke koalisi KKIR secara tidak langsung membuat Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bubar. Sebab, satu anggota KIB lainnya yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memilih merapat ke PDI Perjuangan yang mengusung bakal capres Ganjar Pranowo.
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

((ADN))

Quoted From Many Source

Baca Juga  Tersangka Penembakan Perdana Menteri Slovakia Hadapi Pengadilan Pra-Sidang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *