Di Atas Kertas Prabowo Diprediksi Unggul saat Debat Capres Ketiga



Direktur Pusat Riset Politik, Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI), Saiful Anam mengatakan, tema debat capres-cawapres ketiga dianggap akan sangat menarik karena erat hubungannya dengan jabatan Prabowo sebagai Menhan, yakni temanya pertahanan dan keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

“Di atas kertas Prabowo akan unggul, berikutnya Anies, baru Ganjar,” kata Saiful kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (2/1).





Saiful menilai, publik akan mengarah kepada Prabowo sebagai sosok yang akan mendominasi dalam debat nantinya. Karena, isu tema debat nantinya merupakan makanan sehari-hari Prabowo.

“Prabowo saya kira lebih siap dalam hal ini, karena ia bersinggungan langsung dengan hal tersebut, maka tidak sulit bagi dirinya untuk menjawab seluruh hal terkait tema tersebut,” kata Saiful.

Namun demikian, kata akademisi Universitas Sahid Jakarta ini, yang perlu menjadi perhatian serius dalam isu debat adalah peran Indonesia dalam kancah geopolitik global, jangan hanya Indonesia hanya menjadi objek perkembangan geopolitik dunia, namun harus jelas peranannya seperti apa.

Selain itu, perlu untuk menegaskan politik bebas aktif Indonesia guna mendorong dan mempertegas posisi bangsa Indonesia dalam kancah Internasional.

“Tidak hanya itu, isu ketahanan nasional juga tidak kalah pentingnya, jangan sampai kita lebih konsen pertahanan global, namun justru kita tertinggal dan belum selesai perihal perkembangan pertahanan nasional. Saya kira debat akan semakin menarik, kita akan melihat kemampuan calon di bidang hubungan internasional dan geopolitik,” pungkas Saiful.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.



Quoted From Many Source

Baca Juga  Aktivis Raharja Waluya Jati Meninggal Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *