Golkar Setuju Pilkada Serentak Dimajukan Bulan September



“Golkar setuju untuk maju di bulan September,” kata Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto usai menghadiri konsolidasi kader Partai Golkar Jambi, di Grand Central Hotel, Sabtu (27/1).

Sebagai tindak lanjut, Fraksi Golkar DPR RI juga sudah menyepakati usulan revisi UU Pilkada menjadi RUU inisiatif DPR. Salah satu poin dalam revisi UU Pilkada yang disepakati akhir 2023, yakni soal memajukan jadwal pilkada dari November menjadi September 2024.



Dalam Rancangan PKPU tentang tahapan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024, pemungutan suara dilakukan pada 27 November 2024.

Namun demikian, Ketua KPU RI, Hasyim Asyari sebelumnya menyebut jika jadwal Pilkada Serentak masih bisa berubah.

Hasyim mengatakan, potensi perubahan jadwal bisa terjadi karena pemerintah telah mengirimkan draf Perppu untuk mengubah jadwal Pilkada 2024, dari November 2024 menjadi September 2024 ke DPR RI.

“Bila terjadi perubahan UU Pilkada dalam hal jadwal, misalkan jadwal maju menjadi September 2024 ya nanti kita akan lakukan penyesuaian-penyesuaian,” kata Hasyim beberapa waktu lalu.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.



Quoted From Many Source

Baca Juga  Ditjen Pendidikan Islam Bakal Sanksi Pelaku Pungli dalam Proses Pendataan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *