Lagi Susah, Korut Undang Pegolf Asing Bertanding

Pyongyang: Ketika kondisi warganya yang diwarnai kelaparan, Korea Utara (Korut) justru mengundang pegolf asing ke turnamen di Pyongyang. Ini menjadi langkah tentatif lain dalam pembukaan kembali negara tertutup itu setelah pejabat Tiongkok dan Rusia menghadiri parade militer bulan lalu.
 
Negara itu berada di bawah blokade covid-19 yang kaku sejak awal 2020, tetapi ada tanda-tanda bahwa Pyongyang mungkin menjadi lebih fleksibel dalam kontrol perbatasan.
 
“Lapangan Golf Pyongyang menjadi tuan rumah kompetisi pegolf amatir di musim semi dan musim gugur setiap tahun,” tulis sebuah posting dari 2 Agustus di situs web resmi DPR Korea Tour Pyongyang, seperti dikutip AFP, Kamis 10 Agustus 2023.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Pegolf amatir asing juga dapat mengambil bagian dalam kompetisi yang diadakan pada musim semi dan musim gugur di negara kita dan mengembangkan persahabatan dengan pegolf amatir Korea,” imbuhnya.
 
Unggahan itu juga menyertakan alamat email dan nomor telepon untuk “perusahaan perjalanan golf” -,di bawah administrasi pariwisata resmi Pyongyang,- tetapi tidak mengatakan kapan turnamen itu akan berlangsung.
 
Dalam postingan terpisah, Pyongyang mengatakan agensinya, Perusahaan Perjalanan Golf Ryomyong, telah mengembangkan atraksi termasuk “lapangan golf bawah air, lapangan panahan, dan tempat berperahu”.
 
Postingan itu dibagikan setelah Beijing mengonfirmasi pada Juli bahwa Korea Utara telah mendaftar untuk Asian Games tahun ini, yang akan diadakan di kota Hangzhou, China pada September.
 
Korea Utara telah mendaftar untuk acara olahraga di luar negeri awal tahun ini tetapi gagal mengirim atlet.
 
Cheong Seong-chang dari Pusat Studi Korea Utara di Institut Sejong mengatakan kepada AFP tanda-tanda baru-baru ini menunjukkan “bahwa pariwisata Tiongkok ke Korea Utara akan dilanjutkan secara bertahap di masa depan”.

Rudal setara untuk menyerang

Media pemerintah Korea Utara mengatakan Kim Jong-Il -,ayah dan pendahulu pemimpin saat ini Kim Jong-un,- mencetak 11 hole-in-one yang luar biasa saat pertama kali bermain golf.
 
Lapangan golf Pyongyang dilaporkan dibangun pada awal 1980-an dan secara resmi dibuka pada 1987 untuk merayakan ulang tahun ke-75 pendiri negara itu, Kim Il-Sung. Lapagan itu dibiayai oleh etnis Korea pro-Pyongyang di Jepang.
 
“Saat ini, lapangan tersebut mencakup area seluas 196 hektar dan memiliki total 18 lubang. Lebih dari 200 orang dapat bermain di sana,” ucap situs web DPR Korea Tour.
 
An Chan-il, seorang pembelot yang menjadi peneliti yang menjalankan Institut Dunia untuk Studi Korea Utara, mengatakan Pyongyang telah “mendirikan jurusan golf” di sebuah universitas olahraga utama di Pyongyang.
 
“Korea Utara telah menetapkan golf sebagai sarana penting untuk mendapatkan mata uang asing,” kata An kepada AFP.
 
Namun, menurut surat kabar Chosun Ilbo Korea Selatan, ada tanda-tanda bahwa Korea Utara juga telah mulai menggunakan jalur tersebut untuk uji coba rudal yang dilarang.
 
“Peluncuran beberapa rudal balistik jarak pendek Pyongyang pada 9 Maret kemungkinan besar ditembakkan dari danau Thaesong di lapangan golf untuk mempersulit Seoul untuk menentukan asal peluncuran,” menurut seorang pakar militer yang dikutip oleh surat kabar itu.
 
Pada 2005, selama periode ikatan yang lebih baik, lapangan golf menjadi tuan rumah acara Asosiasi Golf Profesional Wanita Korea.
 
Pemenangnya, Song Bo-bae dari Korea Selatan, mengatakan kepada media pada saat itu: “Lapangan hijau jauh lebih lambat daripada yang ada di Korea Selatan, yang membuatnya cukup menantang.”
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(FJR)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Ini Daftar Kereta Api yang Dapat Promo HUT Ke-78 RI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *